Wakapolda Kalbar Pimpin Peringatan Hari Juang Polri Tahun 2024

Rorena Polda Kalbar | Polda Kalimantan Barat menggelar upacara Hari Juang Polri, Rabu (21/8/2024). Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu S.I.K., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Juang Polri yang mengangkat tema “Dengan semangat hari juang Polri yang Presisi siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045”.
Wakapolda Kalbar Pimpin Peringatan Hari Juang Polri 2024
Upacara peringatan Hari Juang Polri ke-1 yang dilaksanakan di Lobby Mapolda Kalbar tersebut juga dihadiri oleh PJU Polda Kalbar, Forkopimda Provinsi Kalbar, Purnawirawan Polri, Paguyuban Keluarga Besar Brimob dan Personel Polda Kalbar termasuk ASN Polda Kalbar.
Wakapolda Kalbar Pimpin Peringatan Hari Juang Polri 2024
Disampaikan oleh Wakapolda bahwa Hari Juang Polri yang diperingati hari ini telah ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor: 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 21 Januari 2024 dan sesuai Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 2024 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

Dalam upacara Hari Juang Polri tersebut Wakapolda juga membacakan naskah Proklamasi Polisi:
“Proklamasi Polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan Polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I”
Wakapolda juga mengingatkan, bahwa Hari Juang Polri merupakan Momentum penting pemicu semangat Polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu. Peristiwa tersebut berpengaruh dan memicu perjuangan dibeberapa daerah seperti Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat dan Yogyakarta.
Wakapolda Kalbar Pimpin Peringatan Hari Juang Polri 2024
Dan hal yang perlu dipetik dari peringatan ini, guna menggugah semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa karena ini merupakan momentum strategis dan ini pertama kali dilaksanakan, kita siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045, pesan Wakapolda.

Demikian Informasi tentang pelaksanaan peringatan Hari Juang Polri di Polda Kalbar. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam Presisi.