Rorena Polda Kalbar Mengikuti Rakernis Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024

Rorena Polda Kalbar | Kasubbagrenmin Rorena Polda Kalbar Pembina Eko Prasatyo S.E. mewakili Rorena mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024 yang dilaksanakan di Ballroom Akasia Hotel Alimoer Pontianak pada hari Rabu-Kamis, 15-16 Mei 2024.
Rorena Polda Kalbar Mengikuti Rakernis Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024
Kegiatan dibuka oleh Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.I.K., M.M. dan diikuti oleh Pejabat PID Satker Jajaran Polda Kalbar dengan mengusung tema “Humas Polri Yang Presisi Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan”.

Dalam sambutannya, Kabid Humas mengatakan bahwa Rakernis ini merupakan momen penting dalam upaya meningkatkan kemampuan profesi, menguatkan komitmen, dan menyamakan persepsi tentang tugas dan peran kehumasan Polri dalam rangka mendukung stabilitas kamtibmas yang kondusif. Selain itu, Rakernis ini juga merupakan sarana kita untuk secara bersama-sama mendukung program pemerintah pada tahun 2024 yang menitikberatkan pada percepatan transformasi ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan dipengaruhi oleh perkembangan situasi secara nasional, regional maupun internasional dapat tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.

Disampaikan pula oleh Kabid Humas bahwa pentingnya peran kehumasan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri melalui konten-konten di media sosial. Dari hasil survey yang dilaksanakan oleh Litbang Kompas yang dirilis pada 26 Desember 2023, survey tingkat kepuasan kinerja Polri mencapai nilai 87,80% yang terdiri dari beberapa bagian antara lain, Penegakan hukum 82,80%; Pelayanan publik 91,2% dan; Menjaga kamtibmas 89,4%.
Rorena Polda Kalbar Mengikuti Rakernis Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024
Lebih lanjut Kabid Humas menyampaikan bahwa peningkatan kemampuan kompetensi kehumasan penting dilakukan guna menyongsong Indonesia Emas 2045. Seperti yang diutarakan Presiden Jokowi bahwa membawa Indonesia menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045 ada 3 hal pokok yang menjadi acuan yakni stabilitas bangsa, harus ada berkelanjutan dan kesinambungan, serta pentingnya peningkatan kualitas SDM.

Pada saat ini Divisi Humas Polri telah menghadirkan e-learning Humas Presisi sebagai sarana pembelajaran bagi seluruh personel untuk memiliki sertifikasi kompetensi umum kehumasan. Dan beberapa waktu lalu telah dilakukan pelatihan kompetensi kehumasan kepada Bintara, Pama, Pamen, serta PNS Divisi Humas Polri. Kedepan akan dilaksanakan sertifikasi kompetensi kehumasan kepada personel Bidhumas Polda Jajaran Polri. Sehingga dianggap perlu untuk melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi kehumasan Tahun 2024 guna meningkatan kinerja pengemban fungsi kehumasan pada Satker Jajaran Polda Kalbar dalam rangka menghadapi perkembangan informasi pada saat dan sebagai garda terdepan mengantisipasi berita negative terhadap Polri.

Rakernis kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama, pemberian cindera mata dan e-learning serta diskusi panel yang menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yang membahas tentang berbagai topik terkait kehumasan Polri, seperti strategi komunikasi publik, pemanfaatan media sosial, dan membangun hubungan dengan media.
Rorena Polda Kalbar Mengikuti Rakernis Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024
Demikian Informasi kegiatan Rorena Polda Kalbar Mengikuti Rakernis Fungsi Kehumasan Polri T.A. 2024 di Ballroom Akasia Hotel Alimoer Pontianak. Semoga bemanfaat.